Search
  • Maya

Strategi dan Cara Pemasaran Produk yang Tepat Sasaran, Pemula Wajib Baca!

Updated: May 28, 2020


Satu hal yang Anda harus tahu bahwa dalam berbisnis, tidak hanya produk yang harus Anda perhatikan. Selain produk yang Anda harus perhatikan, strategi dan cara pemasaran produk yang tepat sasaran juga perlu Anda perhatikan.


Karena sebagus apapun suatu produk, ketika tidak dipasarkan secara tepat maka tentunya hasilnya tidak akan maksimal. Anda harus tahu bahwa tonggak dari suatu bisnis bukan hanya berpaku pada produk, melainkan juga berpaku pada pemasaran yang tepat.


Karena itu setiap pebisnis harus belajar tentang seperti apa strategi dan cara pemasaran produk yang tepat dan disini kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda mengenai hal tersebut. Lets check these out!


Strategi dan Cara Pemasaran Produk yang Tepat Sasaran


1. Memahami segmentasi pasar

Sebelum kita membahas teknis tentang cara pemasaran produk, kita akan membahas dulu tentang segmentasi pasar yang seperti apa. Dalam kaitannya dengan pemasaran suatu produk, segmentasi pasar menjadi hal yang sangat penting dan harus menjadi langkah awal dalam pemasaran suatu produk.


Hal tersebut penting karena masing – masing orang pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga kita tidak bisa menawarkan suatu produk yang orang lain tidak membutuhkan produk tersebut. Ketika Anda akan memulai menjual produk secara online, Anda juga harus tahu tipe market Anda seperti apa dan produk yang dijual secara online pantasnya produk apa saja. Baca : Produk Laris Manis yang Bisa Dijual Online


2. Manfaatkan internet marketing

Dalam bisnis online, memahami seluk beluk internet marketing menjadi hal yang penting Anda perhatikan. Dengan memanfaatkan internet marketing, Anda bisa menampilkan produk atau jasa melalui situs sosial media.


Dengan demikian Anda bisa tahu apa selera konsumen dan apa yang konsumen inginkan. Terlebih meningkatnya penggunaan teknologi saat ini semakin menjadikan hampir 90% orang melakukan kegiatannya di media online.


Karena itu menjual produk melalui media online sangat dianjurkan. Kegiatan jual beli online pun semakin merebak dan sudah menjadi suatu kebiasaan karena banyak orang memang lebih nyaman melakukan kegiatan belanja di ruang private dan tidak dalam keramaian market selayaknya berbelanja secara offline.


Pemasaran pun pada akhirnya jauh lebih mudah dikembangkan dan di jangkau dengan memanfaatkan strategi pemasaran online. Bukan hanya melalui sosial media, Anda juga bisa memanfaatkan website, blog dan lainnya untuk semakin menampilkan foto produk yang menarik.


Selain itu, Anda juga bisa melakukan interaksi dengan konsumen secara langsung senyaman mungkin tanpa adanya batasan ruang atau pun waktu. Anda pun bisa menjual produk bahkan 24 jam non stop.


3. Berikan penghargaan terhadap pelanggan yang memberikan testimoni positif

Suatu produk yang dijual di market akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan dan bisa terlihat bagus jika ada yang merekomendasikannya. Nah, agar suatu produk atau bisnis Anda mendapatkan rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah mendapat produk tersebut, Anda bisa menerapkan sistem komentar terbaik agar mendapatkan hadiah.


Hal tersebut akan membuat pelanggan Anda berlomba – lomba memberikan review positif atas produk Anda karena mereka juga mengharapkan penghargaan yang berkemungkinan mereka berikan ketika menjadi pemenangnya.


Pelanggan Anda akan loyal memberikan testimoni. Anda bisa berikan penghargaan berupa hadiah uang tunai, hadiah produk yang Anda jual, potongan harga pembelian ataupun voucher pembelian.


4. Jalin hubungan baik dengan konsumen

Saat ini bukan hanya konsumen yang berhubungan antar penjual dan pembeli. Akan tetapi pembeli dan pembeli saling berhubungan dan berkaitan satu sama lain. Jika ada rasa bangga, konsumen akan mengungkapkan kebanggaannya tersebut melalui postingan di sosial media yang berpotensi mempengaruhi pembeli lain.


Pun begitu dengan ketika ada rasa kecewa, konsumen juga akan mengungkapkannya dan bisa menurunkan reputasi produk Anda. Karena itu mengutamakan konsumen sebagai raja dan ratu sangatlah penting dan dianjurkan.


Itulah beberapa cara pemasaran produk yang tepat sasaran dan bisa dicoba oleh pemula. Semoga ulasan yang kami bagikan diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

8 views0 comments