Search
  • Maya

Keuntungan Bisnis Hidroponik Cabe Rawit, Cek Disini!

Sebagai komoditi pertanian yang paling banyak dicari, banyak orang pada akhirnya memilih menanam cabai rawit. Dalam penanaman cabai rawit, komoditi yang satu ini bisa ditanam konvensional atau pun melalui sistem hidroponik.

Kedua sistem tersebut tentu punya plus minus tersendiri. Namun banyak orang yang sadar tentang produk berkualitas memilih menjalankan bisnis hidroponik cabe rawit. Lantas sebenarnya apa sih keuntungan bisnis hidroponik cabe rawit sendiri? Disini kami akan ulas informasi selengkapnya untuk Anda.


Keuntungan Bisnis Hidroponik Cabe Rawit

1. Lebih hemat air

Karena daur hidup cabe rawit hidroponik memang berada di air, karena itu menanam tanaman secara hidroponik bisa lebih hemat air. Jika Anda masih merupakan seorang pemula yang belum pernah menanam cabe dengan teknik hidroponik Anda bisa memulainya dengan baca : Cara Memulai Bisnis Hidroponik Cabai Rawit yang Menjanjikan


2. Hasil cabainya bebas dari kandungan pestisida

Berbeda dengan ketika Anda menanam cabai rawit konvensional di tanah yang membutuhkan pestisida, menanam cabai hidroponik sangat berbeda. Anda tidak butuh pestisida jenis apapun untuk membuat tanaman Anda terbebas dari masalah hama.


Hal tersebut karena media air yang digunakan sehingga hama pun tidak mau mengganggu tanaman Anda. Kebanyakan hama tinggal di tanah dan mereka menyerang tanaman – tanaman yang berada satu media dengan mereka. Mereka tidak menyerang tanaman – tanaman yang tersterilisasi dengan air.


Terlebih ketika Anda merawat tanaman Anda secara benar, maka tidak akan ada hama apapun yang menyerang tanaman Anda.


3. Cabe rawit hidroponik merupakan tanaman yang sangat higienis

Karena habitat hidupnya yang berada di air dan tidak dirawat dengan pestisida jenis apapun, maka produk tanaman tersterilisasi ini sangatlah higienis. Terlebih dalam media tanam hidroponik yang notabennya menggunakan air, air yang digunakan sebagai media tanamnya adalah bukan air sembarangan.


Air tersebut merupakan jenis air yang memang memiliki kandungan nutrisi kompleks dan pastinya terawat. Air tersebut bukan air yang bersifat asam karena akan membuat tanaman berjamur, busuk atau mengalami masalah lain.


Jadi kandungan nutrisi air penting diperhatikan demi menjaga kualitas air dan kualitas tanaman yang ditanam. Karena itu jika ada yang bertanya bisnis hidroponik, apakah menjanjikan? , jawabannya tentu sangat menjanjikan.


Bukan hanya soal keuntungan dari segi material saja, melainkan dari segi kualitas produk yang sehat dan dapat menunjang kesehatan.


4. Tanaman cabai hidroponik adalah jenis tanaman yang bebas serangan penyakit dan hama

Satu hal yang Anda juga harus pahami bahwa berbeda tempat, berbeda juga serangan hama dan jenisnya. Terkadang di suatu tempat, menanam tanaman dengan konsep hidroponik tidak menemukan kendala serangan hama apapun alias 100% aman.


Hal tersebut karena tempatnya kebanyakan tersterilisasi sehingga merepotkan hama naik ke medium tersebut. Namun, tidak semua kasus menanam hidroponik steril dari hama. Ada juga beberapa kasus hidroponik yang perlu mendapatkan penanganan khusus karena serangan hamanya sungguh hebat.


Nah, salah satu aspek yang perlu diperhatikan jika tidak menggunakan naungan hidroponik yang tepat adalah jeli dan teliti terhadap serangan hama. Jadi ketika tanaman tersebut terdeteksi dengan serangan hama, Anda perlu segera melakukan penanganan dan juga bisa melakukan tindakan preventif sebelum hama menyerang. Anda pun bisa menggunakan sebuah perangkap hama dan juga pengusir hama untuk semakin meyakinkan diri Anda bahwa hama di tanaman Anda benar – benar tidak ada.


Itulah beberapa keuntungan bisnis hidroponik cabe rawit dan cara menjaga tanaman Anda dari hama yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba!

0 views

© 2023 by Walkaway. Proudly created with Wix.com

  • Facebook Black Round
  • Twitter Black Round
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now