Search
  • Maya

Cara Pemasaran Ekonomi Kreatif Agar Bisnismu Berkembang dan Tidak Ketinggalan

Jika Anda bergerak dalam bidang industri ekonomi kreatif, salah satu aspek yang Anda harus perhatikan adalah tentang cara pemasaran ekonomi kreatif agar bisnis Anda tidak tertinggal. Melalui cara pemasaran ekonomi kreatif yang tepat, bisnis Anda akan berkembang pesat dan tidak tergerus oleh kerasnya persaingan.

Dalam pemasaran produk sendiri, Anda harus upayakan langkah pemasaran yang Anda lakukan sesuai dengan produk yang Anda jual. Jangan sampai salah langkah dan salah sasaran karena hal tersebut akan mengacaukan bisnis Anda.


Lantas, seperti apa cara pemasaran ekonomi kreatif yang tepat agar bisnis bisa berkembang dan tidak tertinggal? Disini kami akan bagikan ulasan selengkapnya untuk Anda!


Cara Pemasaran Ekonomi Kreatif yang Tepat Sasaran 


1. Cari tahu arah pasar dan ikuti perkembangannya

Jangan sampai Anda punya produk tapi Anda tidak tahu target market Anda yang mana. Anda harus paham target market Anda seperti apa. Karena memiliki suatu produk sebagus apapun itu jika tidak dipasarkan di target market yang sesuai tentu hasilnya tidak akan bagus dan tidak akan laku keras.


Memasarkan suatu produk tidak pada tempatnya sama halnya dengan Anda memberikan obat maag kepada orang yang sakit jantung. Tidak akan ada hasilnya alias nonsen.


Mengetahui arah pasar dan mengikuti perkembangannya sangat penting tidak hanya pada bisnis offline saja, melainkan juga pada bisnis online.


Bisnis online sendiri memang sangat erat kaitannya dengan industri ekonomi kreatif selama ini. Anak muda mulai dari mahasiswa semuanya banyak yang menekuni industri ekonomi kreatif karena pangsa pasar yang bagus.


Sementara untuk Anda yang baru memulai suatu bisnis dan tertarik untuk berbisnis online, Anda perlu tahu dulu produk apa saja nih yang laris manis dijual online. Baca : Produk Laris Manis yang Bisa Dijual Online


2. Optimasi akun sosial media bisnis Anda

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pelaku bisnis online sebagian besar memiliki akun sosial media untuk bisnisnya. Mereka kebanyakan melakukan promosi via WhatsApp, facebook dan instagram.


Nah, bagi Anda yang juga melakukan promosi di sosial media tentu yang Anda harus siapkan adalah materi promosi dan followers karena percuma Anda mengoceh di sosial media yang sepi followers. Hasilnya sama seperti Anda bicara dengan angin yang nggak akan pernah ada hasil feedback positifnya.


Karena itu melakukan optimasi atas akun instagram Anda menjadi suatu aspek yang sangat penting untuk Anda lakukan. Anda bisa menggunakan jasa optimasi akun instagram untuk mengoptimasi akun Anda jika memang Anda tidak memiliki capability di bidang tersebut.


Selain soal optimasi akun, ada strategi dan cara pemasaran produk lain yang juga Anda harus pelajari. Baca : Strategi dan Cara Pemasaran Produk yang Tepat Sasaran, Pemula Wajib Baca!


3. Perbanyak testimoni

Selain punya banyak followers, hal lain yang juga menjadi pertimbangan orang akan membeli produk Anda atau tidak adalah testimoni. Testimoni ini sangat penting dan menjadi salah satu penunjang kesuksesan penjualan produk.


Pembeli kebanyakan mengecek testimoninya dan memilih akun atau lapak dagang yang testimoninya 90% bagus. Jika sebagian besar testimoni bagus, maka mereka akan memutuskan membeli. Namun jika testimoninya ada kecacatan tentu akan sulit bagi pebisnis meraih kepercayaan konsumen.


Jadi pastikan pelayanan Anda memuaskan dan produk Anda juga punya kualitas yang oke, agar testimoninya juga baik. Untuk pebisnis pemula, dimana mereka minim testimoni, banyak yang sekarang ini menggunakan testimoni palsu untuk membuktikan bahwa mereka adalah penjual yang baik.


Apakah ini diperbolehkan?


Boleh – boleh saja sebenarnya, tidak ada yang melarang. Namun pastikan Anda juga bertanggung jawab atas kenyamanan konsumen dan atas kualitas produk yang Anda jual agar potensi repeat order bisa berlangsung.


4. Bagikan konten yang relevan dan penting secara konsisten

Konten yang relevan dengan bisnis Anda seperti ujung tombak promosi di industri ekonomi kreatif. Namun relevan saja tidak cukup. Anda juga harus memastikan bahwa konten relevan yang Anda buat tersebut benar – benar penting untuk diketahui target audiens Anda.


Pastikan Anda membuat skala prioritas yang berisi topik relevan untuk meningkatkan target audiens Anda. Urutkan dari yang paling penting sampai yang topiknya kurang penting.


Terakhir, content marketing itu perlu management. Tidak boleh hanya satu atau dua kali saja dibagikan, namun harus dibagikan sepanjang waktu. Buat management waktu pembagian konten misalkan dua atau tiga hari sekali.


5. Menggaet reseller

Anda ingin potensi penjualan produk Anda besar?


Jika Anda memang ingin potensi atas penjualan produk Anda besar, maka jangan Anda menggunakan jaring yang kecil. Apa maksudnya?


Maksudnya, kalau Anda ingin bisnis Anda cepat besar, jangan jual produk eceran. Jual grosiran. Jangan Anda mencari satu pembeli yang membeli satu produk, melainkan carilah satu pembeli yang berpotensi membeli puluhan atau bahkan ratusan produk. Dengan begitu satu kali kerja Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.


Cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan tersebut adalah dengan menggaet reseller. Anda bisa memberikan promosi menarik untuk reseller dan berikan harga murah serta beberapa reward agar reseller betah bersama Anda.


6. Manfaatkan Google Bisnisku

Bagi Anda yang belum mengenal Google Bisnisku, Google Bisnisku ini merupakan suatu fitur untuk pemilik bisnis yang akan sangat berguna dalam memudahkan calon konsumen untuk tahu informasi lengkap seputar bisnisnya.


Dengan mendaftarkan bisnis Anda melalui layanan Google Bisnisku, kantor, perusahaan atau tempat usaha Anda akan secara otomatis muncul di Google Maps sehingga pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda bisa tahu dan lebih mudah menuju lokasi Anda melalui bantuan Google Maps.


Dengan cara ini Anda juga tanpa perlu menjelaskan dua kali tentang dimana lokasi usaha Anda kepada pelanggan atau calon pelanggan Anda. Sangat efektif bukan?


7. Bangun relasi

Selain membangun dan menerapkan cara pemasaran ekonomi kreatif melalui berbagai platform yang kami sudah sebutkan diatas, sangat penting juga bagi seorang pebisnis untuk membangun relasi dengan semakin banyak penghuni baik di dunia maya atau di dunia nyata.


Untuk membangun sebuah relasi, Anda bisa bergabung dengan grup Facebook yang berkaitan dengan bisnis Anda. Pastikan agar Anda bisa menjadi pembicara atau menjadi sponsor di seminar dan acara – acara yang ada kaitannya dengan industri Anda.


Dengan demikian Anda bisa semakin mendapatkan banyak kenalan yang senada dengan profesi Anda. Anda juga dapat menemukan berbagai macam informasi penting terkait perkembangan di industri yang bersangkutan.


Jika informasi tentang cara pemasaran ekonomi kreatif diatas masih dirasa kurang, baca : Tips Bisnis Cepat Sukses, Anda yang Baru Saja Merintis Bisnis Wajib Tahu! sebagai informasi tambahan Anda. Salam sukses wirausaha!

8 views0 comments